Breaking News

Sabtu, 21 Januari 2017

Gubernur Kalteng Tetapkan Pulang Pisau sebagai Zona Kawasan Industri

Tentang Kalteng – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran terus mendorong kemajuan Provinsi Kalimantan Tengah. Gubernur berharap Kalteng dengan penduduk sekitar 2,5 Juta ini, tidak ada lagi masyarakatnya yang miskin. Selain itu, dirinya berharap tidak lagi ada pejabat yang malah bertambah kaya, tetapi masyarakatnya menjadi penonton. Untuk itu, dirinyaa sepakat Kabupaten Pulang Pisau untuk dijadikan kawasan industri.

Kabupaten Pulang Pisau

Menurutnya, tidak hanya Kabupaten Pulang Pisau, Namun ada tiga zona di Provinsi Kalimantan Tengah yang ditetapkan sebagai kawasan industry. "Untuk Kalimantan Tengah, kami membagi tiga zona dan Kabupaten Pulang Pisau bersama Kota Palangka Raya, Kapuas dan Katingan berada di zona 2 wilayah tengah," kata Sugianto.

Kawasan industri ini didukung dengan potensi dan letak yang strategis. Daerah setempat juga sudah memiliki fasilitas pelabuhan laut untuk menuju ke luar pulau. Potensi yang dimiliki ini tentunya banyak dilirik oleh para investor. Potensi Kalteng sangat luar biasa.

Gubernur member contoh, masuknya PT Naga Bhuana yang merupakan salah satu investor di Kalteng dan mendirikan pabrik di Kabupaten Pulang Pisau. Menurutnya, nantinya akan mendorong investor-investor dalam bidang lainnya. “Selama ini, kayu-kayu dari masyarakat dibeli begitu saja, sehingga kita harus berfikir bagaimana agar kayu tersebut tidak keluar, agar berdampak pada sektor pajak dan pendapatan asli daerah,” 

Selain itu Sugianto mengaku, dirinya sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat melalui pihak Kementerian dan Lembaga. Ia berharap potensi yang di daerah setempat tidak lagi keluar dalam bentuk mentah, tetapi bahan yang sudah jadi.

Selain program hutan tanaman rakyat (HTR), menurut Sugianto pemerintah setempat juga melakukan pendekatan-pendekatan dengan pemerintah pusat untuk pengembangan sektor pertanian dan peternakan. Hal ini dilakukan agar sektor pertanian memiliki industri hulu dan hilir yang tujuan dari ini semua adalah untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By