Breaking News

Jumat, 20 Januari 2017

Gubernur setuju Pemekaran Kabupaten Kotawaringin Utara

Peta Kalteng
Tentang Kalteng - Provinsi Kalimantan tengah merupakan provinsi dengan jumlah wilayah yang luas. Ada 13 Kabupaten dan 1 kota di Kalimantan tengah. Guna mempercepat pembangunan dan kesejahteraan wilayah, maka gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan DPRD Provinsi menyetujui dan menandatangani pembentukan daerah persiapan Kabupaten Kotawaringin Utara yang dimekarkan dari Kabupaten Kotawaringin Timur.

Gubernur menyatakan bahwa setelah persetujuan tersebut, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar pemekarannya semakin dipercepat.

"Koordinasi itu sangat penting karena Pusat kan ada mengeluarkan kebijakan moratorium pemekaran daerah. Kita akan jelaskan bahwa pemerakan Kotawaringin Utara bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya seperti dikutip Antaranewskalteng.com.

Disetujuinya pemekaran Kotawaringin Utara karena telah memenuhi persyaratan, khususnya segi wilayah yakni terdiri dari enam kecamatan yakni Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu dan Bukit Santuei.

Gubernur mengakui bahwa dari segi ekonomi, Kabupaten Kotawaringin Timur secara menyeluruh sudah sangat bagus, namun akan semakin bagus apabilah dimekarkan karena wilayahnya akan semakin terjangkau.

Ditinjau dari peryaratan yang sesuai dengan Undang-undang, wilayah calon kabupaten kotawaringin raya sudah terpenuhi, baik dari jumlah kecamatan dan jumlah penduduk. Bahkan dari kemampuan keuangan dan perekonomian ini melebihi Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal tersebut didukung banyaknya perusahaan yang ada.

Jumlah penduduk di pemekaran Kabupaten Kotawaringin utara akan mencapai 117 ribu jiwa, kondisi infrastruktur juga tergolong sangat baik dengan rancangan ibu kota di Parenggean.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By